Jumat, 07 Agustus 2009

Profile dan Potensi Desa Cikandang Garut

Desa Cikandang merupakan desa pokok yang telah mengalami dua kali pemekaran wilayah, yaitu Desa Simpang dan Desa Margamulya. Berikut ini adalah profil desa Cikandang:

a. Luas Wilayah : 1.622.488. ha

b. Jumlah Dusun : 2 dusun, 13 RW, 39 RT.

c. Jumlah Penduduk : 6.055 Jiwa

d. Mata Pencaharian : Buruh Tani, Tani, Pedagang, dan Peternak.

Orbitasi atau Jarak dari Pusat Pemerintah:

1. Jarak ke Kecamatan : 8 Km

2. Jarak ke Kabupaten : 37 Km

3. Jarak ke Propinsi : 108 Km

4. Jarak ke Ibu kota Negara : 296 Km

Melihat dan memperhatikan keadaan wilayah, potensi, dan orbitasi Desa Cikandang, tingkat kelayakan keberadaan Pasar Desa di desa Cikandang adalah merupakan suatu kebutuhan yang perlu dipikirkan secara serius oleh kita semua, mengingat pesatnya perkembangan penduduk, pertumbuhan, kebutuhan, perekonomian masyarakat yang semakin lama semakin pesat, dan jumlah penduduk semakin padat.

Belum lagi bahwa di wilayah teritorial Cikandang terdapat Curug Orok yang menjadi salah satu tujuan pariwisata di kabupaten Garut, bahkan tingkat nasional, mengingat pengunjungnya banyak datang dari Jakarta, luar Jawa, dan berbagai kota lainnya.

Sedangkan keberadaan Pasar Desa sangat dibutuhkan oleh masyarakat di tiga desa yang berada di wilayah kecamatan Cikajang, yaitu, desa Cikandang, desa Simpang, dan desa Margamulya. Kami melihat jauhnya keberadaan pasar yang ada; sekitar 8 km dari pasar kecamatan; sangat menyulitkan masyarakat untuk melakukan transaksi penjualan barang yang didapat dari hasil bumi baik pertanian, perkebunan maupun peternakan.

Untuk merealisasikannya tentunya kami selaku panitia pembangunan pasar desa dan pemerintahan desa Cikandang akan lebih mengusahakan dengan berbagai sumber keuangan yang dipandang memungkinkan untuk pembangunan Pasar Desa tersebut. Namun, mengingat kebutuhan yang begitu besar, maka kami mengetuk hati para pelaksana pemerintah untuk memberikan perhatian dan kerja samanya.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com